…asal usul…

vrijmetselaarij adalah tempat berkumpul gerakan spiritual internasional Masoni (Freemasonry) di Gedung Bappenas tahun 1925.

Alat-Alat Orkest Gambang: gambang, sukong, hosiang, thehian gihian, kongngahian, sambian, suling, pan (kecrek) dan ningnong.

Situs rekreasi dulu yaitu Wilhelminapark (komp Masjid Istiqlal), Frombergspark (depan Mabes AD), Burgemeester Bisschopplein (Taman Suropati).

Gedung Kesenian Nederlans-Indische Kunstkring (bekas Gedung Imigrasi Jakarta Pusat) sekarang Buddha Bar dibangun oleh NV de Bouwploeg.

Tomang artinya Dapur. Dulunya tempat ini menjadi Gudang Logistik Hindia Belanda.

Kasablanka adalah singkatan dari Kampung melayu sampai belakang karet. Jadi bukan dari Casablanca ๐Ÿ™‚

Kemang sejak Abad 18 telah menjadi tempat orang berpengaruh dan banyak jawara di sana. Sampai 50an bnyk ditumbuhi kemang (sejenis mangga).

Gambir dikenal sejak Daendels membuka daerah tsb pada 1810. Didominasi oleh pohon gambir. Sebelumnya bernama Weltevreden.

Ancol mengandung arti tanah rendah berpaya-paya. Belanda (VOC) menyebut Tanah Asin. Krn bila pasang air payau kali ancol berbalik ke darat.

Cawang bermuasal dari nama Letnan Enci Awang yang menduduki daerah tsb. Ia bawahan Kapten Wan Abdul Bagus yg menguasai Kampung Melayu.

Duren Sawit itu dulu hanya rawa dan tuna latar sejarah panjang. Sama seperti Kelapa Gading.

Ciputat berasal dari kata Cai (air) dan Putat (tumbuhan yg sering dikosumsi sbg lalapan). Dulu dikuasai oleh pedagang Arab dan Tionghoa.

Kebayoran (Kabayuran) artinya penimbunan kayu bayur dan jenis kayu gelondongan di kawasan itu. Dulu mau dibuat bandara tp gagal krn PD II.

Mulai paruh ke 2 abad 17, Kampung Melayu tempat bermukim orang Malayu yg berasal dari Semenanjung Malaka yg dipimpin Kapten Wan Abdul Bagus.

Paseban artinya tempat berkumpul. Juga basis pasukan Sultan Agung (Jateng) dalam invasi Kota Batavia pada tahun 1628 โ€“ 1629.

Pancoran berasal dari Pancuran. Di area Glodok tahun 1670 dibangun waduk tempat penampungan air kali Ciliwung yg mengucurkan air bersih.

Kelompok penghuni awal Manggarai yaitu dari Flores Barat sebagai pengikat kenangan pada kampung halaman mereka yang ditinggalkan.

Ragunan berasal dr Pangeran Wiraguna (Gelar tuan tanah pertama Hendrik Lucaasz Cardeel dari Sultan Haji (putra Sultan Ageng Tirtayasa).

Disamping Cinere & Lebak Bulus, Pondok Labu (Simplicitas) tahun 1803 sebagai milik Pieter Walbeck. Pondok: Gubuk, Labu: Tanaman Merambat.

Jalan Jaksa dulu dipenuhi oleh kost-kostan pelajar Indonesia yg sekolah hukum Belanda.

Kuningan dulu menjadi kediaman seorang Pangeran asal Cirebon bernama Pangeran Koeningan.

Di belakang stasiun Gondangdia dulu ada perusahaan kontraktor Belanda “NV De Bouwploeg”. Makanya dinamai Boplo.

Garogol (Perangkap) yg dibuat banyak orang untuk menangkap hewan liar di kawasan hutan belantara. Akhirnya disederhanakan dgn Grogol.

Penabuh tambur terkenal dulu dikuburkan di bawah pohon jati dan dinamakan Jati Petamburan sekarang simple hanya Petamburan.

Krukut berasal dari 2 hal: Krokot (Pelit) sindiran untuk masyarakat Arab di sana dan Kerkhof (Kuburan) untuk area penguburan setempat.

Di kawasan Glodok dulu ada Departement van Financien (depkeu). Financien dilafalkan Pinangsia oleh masyarakat Betawi.

Kali Angke dulu bernama Kampung Bebek. Berganti nama Ang (Darah) Ke(Sungai) sejak Belanda melakukan pembantaian membabi-buta di sana.

Bali Mester (Jatinegara) tercatat sebagai perkampungan masyarakat Bali sejak tahun 1667. Dulu awalnya Meester Cornelis.

Abad 16 Belanda menempatkan Fluitschip (kapal panjang ramping) sbg pertahanan. Kawasan itu dsbt De Fluit dan akhirnya dinamakan Pluit.

Selain juga menjadi basis Mataram, Utan Kayu memang menjadi sumber kayu saat itu dan kesejukannya terasa sampai sekarang. Hutan Kayu ๐Ÿ™‚

Petojo berasal dari nama seorang pimpinan Bugis bernama Aru Petuju pada tahun 1663 diberi hak pakai kawasan tersebut.

Kampung Ambon adalah pemukiman tentara dari Maluku yg dibawa JP Coen (VOC) utk menghadapi persaingan dgn Inggris di tahun 1619.

Matraman dulunya adalah basis dari Sultan Agung, karena dia berasal dari Mataram, akhirnya dijuluki Mataraman. Inilah awal area ini.

Dulu rata2 prajurit Mataram bernama “Mangun” dan banyak dibuang di rawa-rawa, itulah mengapa dijuluki Rawamangun.

Awalnya, area ini adalah area pemukiman Kristiani di jaman Belanda singkatan dr De Eerste Protestantsche Onderneming van Kristenen (DEPOK)

Dulu bangunan persegi delapan di Kota mengalirkan air bersih yg berbunyi grojok3X. Lantas bunyinya disebut2 Glodok oleh penduduk Tionghoa.

Di Menteng, rata2 para penggede punya kuda. Namun pedagang rumput gak bisa masuk ke daerah elite. Tmpt berkumpulnya dijuluki Pasar Rumput.

Dulu Kampung Menteng, penuh dgn Hutan Buah & didominasi Pohon Menteng. Thn 1912, area itu mjd rumah dinas Belanda dan disingkat jd Menteng.

Di Cipete dulu ada H. Rasiman tuan tanah pemilik anggrek & Ibu Tien memindahkan ke Taman Anggrek Slipi & dipindah lagi skrg ke Taman Mini.

Di Abad 17, Johannes Hoojiman (Tuan Tanah) memiliki Bangunan Paling Besar. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Pondok Gede.

Awalnya “Wangsanayan” yg artinya tempat tinggal Wangsanaya. Ia berasal dari Bali. Karena sering disebut-sebut, sempurnalah mnjd Senayan.

Tan Teng Sien dulu seorang dermawan di segitiga emas kuningan. Sebelumnya area ini dipenuhi pohon karet dan akhirnya mnjd Karet Tengsin.

Kwik Tang Kiam adalah nama tuan tanah kaya raya di Jakarta. Wilayah dia dulu dsbt Si Kwi Tang dan akhirnya menjadi Kwitang.

dikutip dari @aldosianturi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s