…Situ Oke?…

dengan teman2 sekelas dari berbagai unit dan Pak Indra serta Bu IndaApa yang pertama kali terlintas dalam benak kamu ketika mendengar “John Robert Powers?”

ada yang jawab:
why me?
ups, kepribadian gue jelek ya?
manner gue ga banget ya?
attitude gue harus diperbaiki ya?

Well, ga ada yang salah kan kalo 3 dari 4 jawaban di atas di”benerin” di JRP. Ga ada salahnya belajar. Tentang apa pun itu. Kecuali kalo lo udah merasa paling oke kepribadiannya. Paling bener mannernya. Paling yahud attitudenya *lirik seseorang yang nadanya minor banget soal JRP*

Selama 2 hari gue belajar di JRP. Sayangnya bukan kelas kepribadian. Tapi kelas yang diminta spesifik oleh pihak kantor sesuai kebutuhan, yaitu kelas belajar presentasi.

Dan ternyata banyak banget ilmu yang gue dapet.
Tentang sikap tubuh yang baik ketika presentasi.
Tentang cara, nada dan mimik muka yang pas ketika presentasi.
Tentang tampilan slide yang ga nyakitin mata.
Tentang menjadi percaya diri berbicara di depan umum.
dan yang terpenting, tentang mengenali potensi diri.

Jadi, selain belajar presentasi kita juga diharuskan mengisi lembar pertanyaan yang kemudian diolah menjadi profiling dimana ketika profiling itu dibaca akan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan kita. Cocok atau engga hasil profiling itu dengan pekerjaan kita saat ini.

Dari ber-16, yang terbiasa presentasi cuma beberapa orang. Bahkan ada yang belum pernah presentasi sekalipun. Gue termasuk beruntung karena program sosialisasi kemaren membuat gue belajar untuk tampil depan umum. Jadi udah ga terlalu grogi lagi ๐Ÿ™‚

End of course ada exit interview oleh pihak JRP. Pertanyaan tiap orang beda-beda. Yang pasti dikaitkan dengan pekerjaan saat ini. Semoga hasil profiling, konsultasi dan exit interview tersebut bisa jadi bahan untuk meroling gue ke bagian lain. Eh sumpah mati gue udah jenuh banget di pekerjaan yang sekarang #curcol

Tapi seperti kata Pak Yudhi waktu gue konsultasi, “jangan bilang bosan karena merasa udah ga ada tantangan. Tantangan bisa kita cari dan ciptakan sendiri” ๐Ÿ™‚

Jadi, kenapa malu ketika harus belajar di John Robert Powers? ;p

oya, btw gue ini orangnya:
dominan (catet!!!!)
otoriter
keras kepala
agresif
risk taker
rasional
instingnya kuat
mudah kedistract
lebih bisa membaca potensi orang lain dari pada diri sendiri
punya passion yang lebih dari pada sekedar menjadi PNS, tapi takut ninggalin comfort zone
Pokoknya hasil profiling 100% bener.

*jadi pengen tau hasil tes talent management :)*

Leave a Reply

