…psikotes…

Minggu, 12 Desember 2011 kemaren gue ikutan psikotest dalam rangka mapping dan assesmen untuk internal kantor. Gegara gue bolak balik ngetwit soal ini, banyak yang mikir gue pindah kerja. Pengennya sih begituuuu… Tapi pengennya bukan kerja kantoran. Sabar ya.. Lagi menyusun rencana untuk mewujudkan ini 🙂

Menjelang tes gue sakit. Bela2in istirahat demi si psikotes. Tapi tumbang juga. Penyakitnya standar. Flu + batuk dan berimbas ke kambuhnya mas Sinus. Tapi Alhamdulillah test masih bisa dikerjakan dengan baik. Senjata andalan adalah masker dan handuk kecil serta tissue yang banyak. Biar ga sebar2 virus plus buat elap2 ingus yang meler *jorok!!!*

Test mulai jam 1 siang. Iya, gue kebagian kloter siang. Karena udh tau psikotestnya apa aja yang biasanya diujikan, jadi udh mulai cari-cari bocoran. Terutama untuk yang test wartegg. Itu lho, yang ada delapan kolom dan di masing-masing kolom udah ada sedikit clue dimana kita tinggal mengembangkan imajinasi berdasarkan clue itu. So, gue yang imajinasi oke tapi ga pinter gambar ini mulai cari-cari contekan mo gambar apa yang kira-kira mudah.

Dari 8 kolom gue murni nyontek 4 gambar. Kolom 1 jadi papan panah, Kolom 3 jadi pagar, kolom 4 jadi papan catur, kolom 8 jadi payung yang terkembang. Kolom 2 dan 7 paling susah. Akhirnya bikin matahari yang bersinar terik dan jejak kaki. Kolom 5 tadinya mo gambar suntik (hasil nyontek) tapi akhirnya gambar gelas slurpee Sevel yang jatuh (iya! gue kasih penjelasan selengkap itu :)), dan kolom 6 tadinya mo gambar kamera atau TV (sesuai contekan) berubah jadi gambar pencakar langit. Dan gue ngerjainnya ga urutan. Salah banget!!! Tapi ya mo gimana lagi donk 😦

test wartegg

Urutannya jadi gini:
1. kolom 1, gambar papan panah
2. kolom 4, gambar papan catur (mudah)
3. kolom 8, gambar payung
4. kolom 6, gambar pencakar langit (+)
5. kolom 3, gambar pagar (-)
6. kolom 5, gambar gelas
7. kolom 2, gambar matahari yang bersinar terik
8. kolom 7, gambar jejak kaki? (sulit)

eh, tapi itu juga kalo ga salah sih hihihi… Dan gue berdoa semoga yang lihat gambar pohon (mangga) dan gambar orang hasil karya gue ga shock hehehe.. Gue gambar wanita karir pake blazer, berbando dan berhigh heels tapi lupa gambar alisnya hahaha!!!

Nah gue puyeng banget pas test Paulie. Apa itu test Paulie? Test Pauli adalah deretan angka dari atas ke bawah dimana kita menjumlahkan angka di atas dan di bawah yang hasilnya ditaruh di tengah-tengah, kemudian setiap beberapa menit pengawas test akan memerintahkan untuk menggaris di lembaran di akhir angka penjumlahan terakhir untuk menandakan telah sampai mana pengerjaannya. Fungsinya untuk tau seberapa stabil dan konsentrasi kita dalam menyelesaikan test tersebut. Dalam kondisi sehat aja lama-lama mata siwer lihat angka. Apalagi yang lagi puyeng kayak gue! *merana* Plus, gue kan bego banget hitungannyaaaa!!! Dan gue ga malu-malu buat ngitung dengan bantuan jari hahaha…

Kunci ngerjain test Pauli adalah ga ngoyo di awal lalu loyo di akhir. Yang penting tenang, cermat dan teliti. Sebisa mungkin grafik semakin meningkat. Ketauan dari mana grafiknya? Dari garisan angka yang disuruh pengawas test tadi itu. Dan grafik gue ga jelas donk.. Garis pertama ada di bawah. Lalu melonjak tajam ke atas. Terus terjun bebas ke bawah. Lalu stabil di bawah sampe beberapa kali. E tau2 grafik naik lagi ke atas dan kembali turun tajam. Kacaaauuu!!! Tapi ya sudahlah… Abisan ditengah2 konsentrasi ngerjain, gue suka tiba-tiba blank. Plus ingus mendadak meler. Jadi buka masker dan elap2 ingus dulu deh… *sigh*

Untungnya psikotest ini hanya berpengaruh untuk masuk kuadran berapa gue nanti. Mudah2an gue masuk di kuadran berkompetensi dan sesuai dengan bidangnya. Sumpah mati, gue udah bosen ngurusin kerjaan yang sekarang 😦

Semangat, Hanny! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s