…how to go to Johor from Changi…

ini versi singkat dari sini.

Sebenernya bis Transtar Cross Border ini mampir ke semua terminal di Changi. Tapi emang awalnya nunggu di T2. Gue juga ga bisa jelasin dengan detil dimana tepatnya letak halte bis ini. Mending tanya dulu ke boothnya yang letaknya persis di seberang Swensen’s. Nanti di arahkan sama yang jaga boothnya dimana letak halte bisnya.

Biaya SGD7 per orang. Bayarlah dengan uang pas. Inget, uang pas. Karena supir ga bakal ngembaliin kalo duitnya lebih. Itu udah kebijaksanaan dari sononya. Simpen tiketnya baik2 ya… Karena abis ngecap paspor di Woodland, pas naik bis ini lagi supir akan ngecek tiket lagi.

Sampe Woodland, turun dan ikutilah arus manusia. Jangan lupa barang2nya juga sekalian dibawa semua. Salam memble kalo bawaannya banyak. Repot naik turunnya cyyyiinn.. Tapi biasanya yang bawa koper + ransel gede diarahkan untuk naik lift dari pada naik eskalator. Mungkin maksudnya biar ga menggangu orang2 yang bawaannya ga rempong ๐Ÿ™‚

Abis ngecap paspor, tetep ikuti arus manusia. Turun dan carilah bis yang sama. Inilah gunanya bergegas. Supaya ga ketinggalan bis. Emangnya pak supir hapal siapa aja penumpangnya dan mau nungguin sampe kita selesai? ๐Ÿ˜‰ Sebelum naik jangan lupa kasih lagi tiketnya. Trus duduk manis deh.. Jangan kaget kalo tiba-tiba penumpang mendadak bertambah. Karena emang banyak yang naik dari Woodland. Juga jangan langsung tidur pas bis jalan. Soalnya jarak imigrasi Singapore ke imigrasi Malaysia cuma selemparan kolor.

Sampe JB Check Point Complex, kalo mau bergegas silahkan. Engga juga ga apa2. Pengalaman gue, bis berakhir di sini. Soalnya di bawah JB Check Point ada terminal bis. Silakan naik bis kota untuk sampai ke tujuan berikutnya. Tapiiii.. buat yang nginepnya di seputaran JB Sentral – Kota Raya Terminal – City Square, nyantai2 aja juga ga apa2. Karena dari JB Check Point tinggal jalan kaki aja.

Contohnya gue nih ya.. Kan nginep di Citrus Hotel di Jalan Station deket City Square. Abis ngecap paspor (harusnya) ikuti petunjuk ke arah JB Sentral. Kenapa harusnya? Karena kemaren gue sempet bingung hehe.. Ga nyasar, tapi bingung ๐Ÿ™‚ Pokoknya ikuti arus manusia aja. Karena rata2 tujuan orang ke arah JB Sentral. JB Sentral itu letaknya persis di sebelah JB Check Point. Tanda2nya jelas koq.. Keluar JB Check Point langsung masuk JB Sentral. Trus keluar lagi, ke arah City Square. Yup, City Square ini letaknya di seberang JB Sentral. Tapi sebelum masuk City Square, gue turun, ke arah jalan raya. Menyusuri City Square dari luar. Trus masuk ke arah jalan Meldrum. Trus ketemu deh Citrus Hotel-nya.

Kalo JB Central Hotel letaknya persis hadap2an dengan Citrus Hotel. Dari jalan Meldrum kalo masih lurus lagi nanti ketemu pertigaan. Belok kiri, menyusuri sebentar, nanti di sebelah kiri bakal ketemu T Hotel. Belok kanan, menyusuri sebentar, trus di sebelah kiri bakal ketemu Aman Sari Hotel.

Gimana baliknya ke Singapore? Ini lebih gancil lagi! *sombong*
Cukup jalan kaki aja masuk ke JB Check Point. Ngecap paspor. Trus turun. Silakan cari bis tujuan kalian. Gue karena mau ke Queen Street jadi naik bis CW2 warna kuning atau biru. Bayarnya RM2.50 atau SGD 2.50. Iye, bayarnya bisa pake Ringgit bisa Dollar Singapore. Besarannya juga sama. Tapi jelas di kurs ke Rupiah, mahalan SGD hahaha.. Harus uang pas ya.. Dan jangan lupa tiketnya disimpen.

Abis bayar, masuk bis lalu duduk manis. Di Woodland turun lagi untuk cap paspor di imigrasi Singapore. Jangan lupa isi white card. Abis ngecap, ikuti petunjuk arah trus turun. Cari bis yang sama. In case ketinggalan bis, tunggu aja bis selanjutnya. Banyak koq bis yang sama yang lewat. Tinggal tunjukkin tiket yang udah dibeli sebelumnya. Ga perlu bayar lagi. Trus duduk manis deh sampe tujuan ๐Ÿ™‚

Oya, di JB Sentral ada locker. Biaya locker kecil 1 x RM 0.10 (sepuluh sen). Locker besar (bisa muat 2 koper kecil) 2x RM 0.20 (dua puluh sen). Letaknya di lorong sebelah KFC.

Selamat jalan-jalan! ๐Ÿ™‚

Advertisements

16 thoughts on “…how to go to Johor from Changi…

  1. Meliany Susilo says:

    Hi Hanny Thanks for your sharing, I just curious about locker in JB sentral, how big it is ? apakah bisa muat koper ukuran 14″ or 16″ karena aku berencana mau ke legoland, daripada rempong bolak balik taro koper di hotel aku lbh prefer taro barang di locker, thanks, btw bisa minta contact kamu ? email ? ym dll thanks

  2. hni says:

    Halo Meliany..
    Koper ukuran 14″ atau 16″ berarti kira2 segede laptop kan ya? Berarti lebih kecil dari koper kabin kan ya? Kalo segede itu bisa koq di loker yg kecil. Soalnya aku kemaren untuk taruh 2 koper kabin (kira2 20″) pake loker besar. Itu ditaruh berjejer. Ke atasya masih ada ruang lega. Bisa untuk taruh barang2 tentengan atau ransel kecil.

    Sebenenya di Legoland juga ada loker. Tapi mahal! 10x lipat dari loker di JB sentral. Belum lagi rempong bawa2 koper/ ransel ke sana kemari hehe..

    Bisa email aku di hanny_anha@yahoo.com. Tapi ym-nya ga pernah aktif. Jadi via email aja ๐Ÿ™‚
    Senang bisa membantu ๐Ÿ™‚

    • Meliany Susilo says:

      Hi Hanny, Thanks yah biat reply nya, iya untuk koper kabin mungkin sekitar 18″ – 20″ yah ( salah ukuran kayanya hehehe ) iya aku sudah cari2 tahu di legoland itu sekitar 40RM/hari nya, jauh banget kan kalo dari info Hanny yang cuma 50 cent itu ( bener ga yah ? segitu untuk locker gede hehehe … ) btw aman kah yah taro barang disana ? dan disana pakai koin an yah lockernya ? ada tempat penukaran koinnya ga yah ? maaf nanya nya banyak karena kesana sama anak2 kecil tau sendiri kan bawaannya banyak dan pastinya repotttt banget geret2 koper + anak kecil heheh … btw sudah kelegoland ? ada tips trick untuk kesana ga yah ? thankkkksss yahhh

  3. Betul, waktu itu iseng mau ngeloker di Legoland, koq disuruh bayar RM 20 ya. Padahal loker kecil.. Langsung batal deh.. Secara abis naruh koper di loker JB Sentral cuma bayar 20 sen, kan males hihih… Insya Allah aman taruh koper di lokernya. Iya, pake koin. Tapi maaf, aku ga perhatiin ada tempat tuker koinnya ato engga ๐Ÿ˜ฆ

    Yup, aku udah ke Legoland. Cuma belum sempet aja posting ceritanya disini. Malah kebalap cerita yang lain haha.. Payah deh emang ๐Ÿ˜‰

    Hmmm… Apa ya tips and triknya? Mending naik bis dari pada taksi. Soalnya jauh. Kalo naik taksi berat diongkos. Perjalanan dr JB Sentral ke Legoland skitar 30 menit. Info jam dan tarif bis bisa cek di http://www.legoland.com.my/Plan/Bus-Services/. Bayar pake uang pas ya… Legoland sendiri child friendly ya.. Bisa pinjem/sewa stroller. Waktu saya ke sana, legoland tutup jam 6 untuk atraksi tapi toko masih buka sampe jam 6.30. Bis terakhir jam 7. Tapi kalo Legolandnya buka sampe jam 8 mungkin bisnya juga ada sampe malam.

    Hmmm… Apalagi ya? Jadi bingung hehe…

    • Meliany Susilo says:

      rencana sih dari JB – legoland mau naik yang causewaylink itu yang bis kuning, karena dia ada dari JB sentral, jadi dari sg – jb sentral taro koper dilocker trus kelegoland deh heheh…. makanya dari kemaren kepikirrrrannn terus sama lockerrrr .. untunggg untung banget nemu website ini jadi bisa nanya2 deh sama si empunya blog nya hehehe kalo engga tadi nya rencana musti extend sehari di jb cuma buat taruh koper doang ๐Ÿ˜ฆ karena biasanya checkin hotel kan jam 2 siang, masa musti tunggu jam 2 siang baru kelegoland, sayang banget kan waktunya ๐Ÿ˜ฆ btw aku juga berencana nginep di citrus itu sepertinya tempatnya enak dan dekettttt banget sama jb sentral yah ? hotelnya enak ga ? trus ada tips ga untuk bus dari jb – genting ๐Ÿ™‚ ( haduhhh maappp kalau nanyanya banyak yah …. semoga ga bosan balasnya … ) ohh yaaa aku juga mau tanya soal white card, biasakan kita disuruh isi whitecard gitu ? btw itu ada disediain disana atau kita harus siapin sendiri yah ?

  4. Yup, bis kuning causewaylink itu emang yg direkomendasiin Legoland (yg link-nya aku kasih sebelumnya).

    Eh aku juga pas nemu loker di JB sentral girang bener. Soalnya tadinya sempet mikir titip koper di hotel. Tapi klo ada loker, ya mending di loker. Jadi ga bolak balik toh? ๐Ÿ˜‰

    Citrus hotel lumayan bagus koq… Kamarnya kecil sih.. Tapi mungkin itu karena aku pilih kamar yang standar. Mungkin kamu bisa email pihak hotelnya untuk tanya2. Helpful banget loh petugasnya. Aku sebelum memutuskan nginep di sana sempet email dulu untuk nanya jarak. Dan dijawab cukup cepat. Oya, waktu itu aku booking yg no breakfast ya.. Soalnya aku pikir, toh di seputaran hotel cukup banyak tempat makan yang ala nasi kandar, jadi ga repot cari makan. Lokasinya juga deket banget dari JB sentral. Ibaratnya kayak tetanggaan aja hehe..

    Tapi kalo nginepnya di Aman Sari hotel, bis ke Legoland lewat persis depan hotel. Sebelum hotel ada haltenya. Jadi ga perlu repot jalan ke JB sentral dulu. Tapiii… Ada baiknya untuk memastikan hal ini ke pihak hotel ya… Karena aku kan bilang berdasarkan pengalaman aja. Ya kali sekarang udah berubah hehe.. Baik Citrus hotel maupun Aman Sari hotel cukup cepat menjawab email koq..

    Letak Aman Sari hotel ini di belakang City Square. Kalo Citrus hotel di samping. Secara jarak, dari JB sentral, Aman Sari masih jalan agak jauh lagi dibanding citrus.

    White card ada koq di imigrasi. Kemaren isi white card lagi pas dari Johor mau masuk Sin lagi. Kalo kelamaan kudu isi white card dulu,ga udah takut ketinggalan bis yang sebelumnya dinaikin dari JB ya…selama tiket bisnya masih ada, tunggu aja bis selanjutnya. Trus tunjukkin deh tiketnya.. Ga perlu bayar lagi..

    Sayangnya aku ga tau info ke Genting dari Johor. Karena aku dari Johor balik lagi ke Sin. Dulu pun pas ke Genting aku dari Sindan KL. bukan dari Johor. Maaf ya..

    • Meliany Susilo says:

      Thank you yahhh Mba buat infonya, jadi agak pede deh sekarang perginya heheheh …..itu juga yang jadi pikiranku sih .. kelamaan nulis si whitecard ntar ditinggal bus ๐Ÿ™‚ makasih banyak yah udah mau jawabin pertanyaanku …..

  5. Wirias tuty says:

    Hai mba hanny, membaca posting anda, saya ingin bertanya , apakah dari terminal kota raya johor ke hotel citrus dapat ditempuh dengan berjalan kaki? Thanks for ur info.

  6. hni says:

    Halo mba wirias tuty,
    Seperti yg udh saya tulis di atas,, Bisa banget loh jalan kaki dari terminal johor ke hotel citrus. Yg di atas saya tulis JBSentral itu sama aja dengan Terminal Kota Raya Johor.

    Selamat jalan-jalan ๐Ÿ™‚

  7. Wirias tuty says:

    Nanya lg dong mba, kalo terminal larkin johor jauh gak dari jbsentral? Thanks bgt info nya. ๐Ÿ™‚

    • hni says:

      Saya lupa2 inget deh… Tp rasanya ga begitu jauh. Skitar 10-15 mins naik bis. Waktu itu saya naik bis yg ke Legoland dan mampir ke Larkin dulu

      • wiriastutywiri@ymail.com says:

        Ok thanks atas informasinya ya mba

        Sent from my BlackBerryยฎ smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  8. GDT says:

    thanks to mbah gugel yg mengarahkan saya ke blog mbak hanny ๐Ÿ™‚
    terima kasih atas semua ceritanya mbak, jadi punya gambaran how to get there ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s