…Palembang: the souvenir…

Oleh-oleh dari Palembang apa aja sih selain pempek (dan makanan lainnya)? Ini alternatifnya:

Songket

Oh well, saking ga kuat beli songket (yang rata2 harganya mahal) gue sampe lupa motretin aneka jenis motif songket. Tapi bisa lihat lengkapnya di sini.

gambar dari sini

Batik Palembang

Nah, aneka motif dan jenis batik dan jumputan Palembang bisa jadi alternatif cindera mata yang lebih murmer dari pada songket nih.. Kalo batik biasanya bahannya katun. Di toko tempat biasa beli sih harga sepasang kain (bawahan) dan selendangnya sekitar 150 ribu. Tentu bisa ditawar. Tapi bisa juga beli kain atau selendangnya aja. Kadang motif selendang lebih cantik dari kainnya. Gue sih biasanya beli untuk dibikin baju atau tas. Kalo jumputan biasanya dari sutera. Tapi yang katun juga ada. Harganya skitar 80 ribuan.

Bagian atas foto di atas adalah contoh selendang. Yang abu-abu pucat kayak ada lemparan cat itu jumputan. Tapi motif jumputan itu banyak banget lho.. Itu cuma satu contoh aja. Foto bagian bawah itu contoh motif kainnya. Sebenernya ada lagi yang bahan dasarnya cokelat dengan motif klasik. Tapi gue ga tertarik. Soalnya warnanya terlalu suram buat gue hahaha…

oya, nanti gue update bahan yang udah gue jadiin baju dan tas šŸ˜‰

Pajangan Rumah Limas

Rumah Limas adalah rumah adat Palembang. Pas googling nemu blog yang menampilkan sisa-sisa kejayaan rumah limas. Sayang sudah ga kerawat šŸ˜¦ Kemaren Beli pajangan ini seharga 65 ribu

Pajangan Jembatan Ampera

sebagai icon kota Palembang, ga sah rasanya kalo pulang ga bawa pajangan ini sebagai souvenir. Tebus aja dengan uang sebesar 75 ribu šŸ˜‰

Semua oleh-oleh di atas (kecuali makanan) bisa dilihat dan dibeli di Pasar Ramayana. Khusus untuk pajangan, jangan sedih kalo ga dikasih dus. Soalnya emang ga ada. Kemaren bawa pulang ke Jakarta kudu ditenteng setelah sebelumnya dibungkus handuk šŸ™‚ Sayang memang yang bikin belum mikirin packagingnya. Rempong cyin nentengnya.. Mana kacanya tipis bener. Kesenggol dikit langsung retak šŸ˜¦

So, are you ready to have fun at Palembang? šŸ˜‰

Advertisements

6 thoughts on “…Palembang: the souvenir…

  1. hni says:

    ga gede2 banget sih.. masukkin paper bag ukuran standar juga bisa. cuma remfong aja mesti dibungkus dulu pake handuk dan baju. plus jauh2 dari kerumunan untuk mengurangi resiko benturan hehe..

    • hni says:

      Bisa dibeli di Pasar Ramayana (Pasar Hero). Tapi ga banyak (belum) toko yang jual pajangan kayak itu

      • fhi says:

        Yg di deket Palembang indah mall bukan mbak? Soalnya aku nanya2 kok gak ada yg tau pasar ramayana ya,, hehe ato di jalan apa gitu mbak?

      • hni says:

        iya, yg deket Palembang Indah Mal. Nama lainnya Pasar Hero. Orang kayaknya lebih ngeh dengan nama itu šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s