…mbrebes mili…

Kisah A:
Dia sebenernya temen temennya gue. Kebetulan beberapa kali gue pernah ketemu. Menikah di usia 30. Belum terlalu terlambat kan? 3 bulan setelah menikah, dia divonis kanker serviks stadium IV. Sebelumnya ga pernah ada keluhan apa2 kecuali kalo mau mens dia suka sakit perut hebat. 8 bulan kemudian dia meninggal. Tragis. Karena penyebab dia kena virus human papilloma virus (HPV) onkogenik masih jadi tanda tanya besar. Dari yang gue baca, dari terkena infeksi sampe akhirnya jadi kanker memang butuh waktu yang lama. Dan memang tanpa gejala khusus. Tau2 udah stadium lanjut aja… Karena itu sekarang sangat dianjurkan untuk vaksinasi kanker serviks (yang mana belum gue lakukan *selftoyor*)

Kisah B:
Dia temennya adek gue. Usianya masih muda. Baru 26 tahun. Cantik. Dulu sempet jadi model. Tapi sekarang sedang berjuang mengatasi sakitnya. Kanker lidah. Menurut cerita adek gue, lidahnya udah habis dipotong demi mencegah penyebaran kanker. Bagaimana cara dia makan? Lehernya dibolongi lalu dimasukin selang. Jadi semacam infus gitu.. Sedih? Pasti. Walo ga kenal tapi ngenes rasanya waktu denger ceritanya.

————————————-
Postingan ini sebenernya gue tulis tanggal 11 Desember. Lalu kesimpan sebagai draft karena tetiba macet mau cerita apa. Sekarang diputuskan untuk dipublish, karena dia di kisah B semalam meninggal dunia. Gue yang langsung kepoin mensyenan twitternya, baca path adik gue, baca beritanya di detik, ga tahan untuk ga ikutan nangis. Dan keisengan gue gugling namanya, berbuah air mata lagi gara2 baca tulisan dia tentang perjuangannya melawan penyakitnya *sedot ingus*

Kepergian mereka, walo sudah diduga karena kankernya makin menyebar dan kondisinya makin drop, tetap menyesakkan dada dan meninggalkan sejuta kenangan bagi orangtua, keluarga, teman2 dan mereka yang mengenalnya. Semoga mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Amien…

*kompres mata yang bengkak*

Leave a Reply

